Jumat, 02 Maret 2018

Tugas-tugas Remaja Utama




Menurut John Head, seorang ahli pendidkan dari University of London, remaja memiliki 3 tugas utama untuk menjadi dewasa:
1. Memilih pola keyakinan dan nilai yang penting dalam hidupnya.
2. Memilih pekerjaan/ karir yang sesuai.
3. Memilih pasangan hidup.

Hal yang sama juga disebutkan Papalia, seorang ahli Psikologi Perkembangan, bahwa 3 isu utama berkaitan dengan pembentukan identitas pada remaja adalah pekerjaan/ karir, mencari pasangan, dan memiliki ideologi dan keyakinan yang kuat.

John Head menegaskan bahwa ketika seseorang tidak memiliki komitmen jelas dalam membentuk identitasnya selama masa remaja, dia akan mengalami permasalahan ketika memasuki tahapan masa dewasa. Atau dengan kata lain, dia akan menjadi orang dewasa yang bermasalah.

Dari ketiga isu utama tersebut, isu yang paling mendasar adalah memilih dan komitmen pada ideologi. Satu diantara efek dari adanya komitmen pada ideologi, adalah terbentuknya karakter kuat, seperti kegigihan (determination).

Kegigihan adalah kualitas untuk terus berjuang mencapai tujuan yang telah diputuskan, meskipun menghadapi hambatan dan kesulitan.

“Determination” berasal dari kata “determinare” dalam bahasa Latin, artinya “menetapkan/ mengambil keputusan”

Pembahasan isu-isu pemuda utama, insya Allah kita bahas lebih lengkap di#LesehanJAN #5 di kompleks @rumah_sajada. Lengkapnya bisa cek @buletinnah dan @jantraining

Tidak ada komentar:

Posting Komentar