Selasa, 08 Mei 2018

BOCAH KECIL PEMBAWA PAPAN TULIS


Oleh: M Sabila Rosyad 

Nama lengkapnya Ahmad bin Abdus Salam bin Abdullah bin Al-Khidhir bin Muhammad bin Taimiyah. Panggilan populernya Ibnu Taimiyah. Semenjak kecil, Ibnu Taimiyah sudah cinta dengan ilmu. Ke mana-mana, selalu membawa papan tulis untuk mencatat ilmu yang didapatnya.
Banyak yang tercengang dengan kecerdasan, kekuatan hafalan dan pemahamannya Ibnu Taimiyah kecil. Bahkan banyak ulama yang penasaran ingin menguji hafalannya.

Pernah ada seorang ulama besar dari Halab (daerah Syria), sengaja datang ke Damaskus, khusus untuk melihat si bocah kecil Ibnu Taimiyah. Waktu itu kecerdasannya menjadi buah bibir banyak orang. Ulama itu mendatangi seorang penjahit di daerah Damaskus, kemudian menanyakan tentang Ibnu Taimiyah.

 Si penjahit berkata, “Tunggulah kamu di sini, jika Anda melihat anak yang membawa papan tulis, itulah Ibnu Taimiyah.”

Tak lama kemudian, datanglah seorang bocah membawa papan tulis lewat di jalan itu. Dialah Ibnu Taimiyah.

Ulama itu berkata, “Hapuslah papan tulismu wahai anak kecil, karena aku akan mengajarkan hadits kepadamu.” Ibnu Taimiyah menghapus papan tulisnya, dan segera menulis hadits yang dibacakan kepadanya. Jumlahnya sebelas hingga tiga belas hadits. Usai menulis, Ibnu Taimiyah diminta untuk menghapus lagi. Lalu ia diminta untuk menghafal hadits yang telah dihapusnya. Bagaimana hasilnya? Ia hafal seluruh hadits tersebut tanpa salah mengulanginya.

Nah, itulah cintanya Ibnu Taimiyah terhadap ilmu. Ia membawa papan tulis ke mana pun. Ia menghafal semua ilmu yang didapatnya. Bagaimana dengan kita? 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar