Rabu, 27 Juni 2018

Teman Sebaya Yang Menjaga


@denizdinamiz

Remaja pada kondisi berbeda, perlu dukungan yang berbeda. Ada remaja utama yang komitmen pada prinsip dan impiannya, ada remaja sembuh yang berhasil menghadapi krisis dalam hidupnya, ada remaja yang mengalami krisis dan berusaha menghadapinya. Remaja yang sedang krisis ini beresiko masalah.

Di antara ciri-ciri remaja beresiko masalah adalah:
1. Sulit diterima oleh teman sebaya pada umumnya.
2. Sulit mengelola emosi pada diri.
3. Pola komunikasinya cenderung pendek, negatif, dan mengganggu.
4. Cenderung ditolak dan dikucilkan oleh temannya.
5. Sering mendapat label negatif dari orang di sekitarnya

Remaja beresiko masalah adalah remaja yang cenderung diabaikan atau diperlakukan semena-mena oleh keluarga ataupun orang di sekitarnya. Namun, mereka tidak selalu menunjukkan perilaku bermasalah. Mereka berada di ambang batas pilihan: sabar bertahan atau melawan.

Sebuah riset menunjukkan hal menarik terkait anak yang diabaikan dan diperlakukan semena-mena. Mereka berhasil menunjukkan perilaku yang diharapkan sebesar 12% ketika mendapat penguatan dari GURU. Tetapi justru menjadi berhasil sebesar 53% ketika mendapat penguatan dari teman sebaya. Ini menunjukkan hal yang penting: Dukungan Sosial dan Emosional secara terencana. Baik dari pihak keluarga, guru, teman, maupun handai taulan.

Menjadi remaja utama bukan hasil instan begitu saja. Keluarga, masyarakat, dan sekolah memiliki andil membentuknya. Peran teman sebaya yang menjaga tentu menjadi penguat di kala keluarga atau orang dekat cenderung belum bisa berperan menguatkan.

Kalau kamu punya teman yang beresiko masalah, jangan keburu ikut menjauhi dan mengucilkan. Coba lihat kondisinya. Hadir di sampingnya. Dengarkan kisahnya. Bantu dengan perhatian tanpa menyalahkan. Jika perlu, hubungkan dengan orang yang bisa membantu masalahnya.

Kalau jadi remaja utama, kamu bakal berusaha bermanfaat. Nggak bakal menyakiti, apalagi meledakkan tempat ibadat. Semoga pelakunya bertobat.

Jadilah teman sebaya yang menjaga temannya. Jadilah remaja utama: bermental kuat, bermanfaat bagi orang dekat dan masyarakat. Siap?

#RemajaUtama #Prime #Youth#Bermanfaat #PrayforSurabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar