Rabu, 18 Juli 2018

Materi Lesehan JAN “Menjadi Remaja Utama karena Membaca” (13 Juli 2018)






1.       Lesehan JAN kembali hadir dengan tema bulan ini "Menjadi Remaja Utama karena Membaca". Kita akan membedah buku. Buku yang dibedah pada sore hari ini adalah "BersamaMu, Wangilah Hidupku!"

2.       Buku kumpulan puisi dari Buletin Nih ini, ditulis oleh teman-teman Kusen JAN. Dikumpulkan dari buletin Nih edisi 1-20 yang terbit semenjak tahun 2015 hingga sekarang.

3.       Tentang remaja, masih ingat tentang masa remaja? Remaja adalah masa pembentukan identitas. Apa itu identitas? Identitas adalah susunan utuh psikis seseorang yang membedakan diri dengan dunia di luar dirinya. Si A berbeda dengan si B, jadi identitas A juga berbeda dengan identitas B.

4.       Pembentukan identitas adalah proses menentukan pilihan hidup. Tiga isu penting identitas yang berkaitan dengan pilihan hidup ada 3. Pertama yaitu ideologi & keyakinan, kedua pekerjaan/ karir, dan ketiga adalah pasangan hidup/ hubungan & cinta.

5.       Isu pertama adalah tentang ideologi. Pilihan pekerjaan, pasangan, dan aktivitas hidup itu bukan ideologi. Tetapi alasan memilih hal-hal tersebut yang seharusnya ideologis, yaitu memilih sesuatu karena mencintai Allah.

6.       Bahkan termasuk hal-hal yang sepele sekalipun. Karena dalam agama Islam, hal yang paling kecil sekalipun diatur tata caranya. Seperti contoh dalam hal urusan buang air kecil. Jika hal itu dilakukan dengan niat untuk mencari ridha Allah dan mencintai Allah, akan mendapatkan balasan terbaik dariNya.

7.       Bagaimanakah menanamkan rasa cinta kepada Allah? Imam Ghozali berpendapat proses penanaman akidah adalah: 1. Menghafal (sehingga terbiasa mengenal) 2. Memahami makna sedikit demi sedikit 3. Membenarkan kandungan dan isinya 4. Meyakininya bahkan mengamalkannya.

8.       Dan cara yang bisa dilakukan untuk mencapai hal-hal tersebut adalah dengan MEMBACA!
9.       Ada, orang yang hafal Al-Quran, memahami maknanya, tetapi tidak membenarkan kandungan dan isinya, apalagi meyakini. Bahkan malah menggunakannya untuk memecah belah orang muslim dengan pemahamannya.

10.   Berapa banyak buku yang kamu baca dalam jangka waktu 3 bulan terakhir? Seberapa pentingkah membaca buku menurutmu?

11.   Apakah kamu juga seperti ini? Semoga kamu termasuk orang-orang yang minat bacanya tinggi yaa.

12.   Salah satu cara untuk meningkatkan minat baca adalah dengan cara membacakan buku (kepada orang tersebut). Hal ini menjadikan orang yang dibacakan buku akan merasa tertarik dan penasaran sehingga dia akan membaca juga.

13.   BACALAH!!! Karena Allah telah memerintahkan kita untuk membaca. Bacalah dengan nama Allah yang menciptakan.

14.   Dari perintah Allah untuk membaca dalam Surat Al-Alaq 1-5 memiliki banyak hikmah.

15.   Hikmah pertama adalah membaca yang baik: dengan bismillah dan karena Allah. Bukan karena alasan lain. Niatkan lillah!

16.   Hikmah kedua; dalam belajar, hendak mengenal sifat-sifat Allah: Kholiq (Pencipta), Akrom (Mulia), Mu'allim (Pengajar).

17.   Akrom.  اقرأ وربك الاكرم Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Mulia. Seringkali kita merasa sudah terus menerus membaca tapi susah memahami, atau malah merasa tambah pusing. Hal ini menunjukkan bahwa yang memberikan pemahaman itu adalah Allah, bukan otak kita, bukan guru kita. Tetapi Allah.

18.   Hikmah ketiga: ketika belajar, kita harus merasakan menjadi makhluk (yang diciptakan, lemah), muta'allim (pembelajar, merasa sedikit ilmu), Qori' (menjadi pembaca, gemar baca).

19.   Hikmah keempat: Ilmu diperoleh dengan Qoro-a (membaca), Qolam (tulisan, kitab), ta'lim (majelis belajar).

20.   Hikmah kelima: surat ini diturunkan di awal nubuwwah sebagai persiapan agar menjadi solusi umat dan mengemban amanah nabi.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar