Sabtu, 04 Agustus 2018

LESEHAN JAN "ON BUILDING PRIME YOUTHS" TEMA MOTIVASI #1




Memotivasi bukan hanya membuat mereka bersemangat ketika berada dalam pelatihan motivasi saja, tetapi ada tiadanya kita, mereka termotivasi untuk menjadi remaja utama demi masa depan dan ideologi yang mereka yakini. #Lesehanjan #remajautama

1.    Apa itu motivasi? Apa bedanya antara motivasi dan semangat? Ternyata semangat itu berbeda dengan adanya motivasi.

2.    Semangat adalah keterlibatan emosi saat orang berbuat sesuatu. Nah, keterlibatan emosi ini memiliki alasan yang berbeda-beda.

3.    Semangat yang kita miliki harus dilandasi dengan motivasi. Karena jangan sampai hanya semangat saja tanpa ada motivasi di dalamnya.

4.    Motivasi merupakan proses memberikan seorang alasan untuk melakukan sesuatu (memotivasi); kondisi berkeinginan kuat untuk melakukan sesuatu, pengaruh yang menyebabkan seseorang melakukan sesuatu.

5.    Keinginan kuat ditandai dengan ada sesuatu yang dilakukan.

6.    Ciri-ciri orang yang memiliki keinginan yang kuat adalah dia akan bersegera melakukan sesuatu tersebut. Dia juga memiliki prioritas yang jelas. Terakhir, dia siap berkurban.

7.    Dari asal katanya, motivasi berasal dari kata “motif” yang berarti alasan melakukan sesuatu. Akar kata berasal dari Inggris abad pertengahan, dari Anglo-Perancis: motif, motive, yang artinya bergerak. Dari bahasa Latin: “motus”, bentuk lampau dari “movere” yang artinya juga bergerak

8.    Ada 3 jenis orientasi motivasional remaja (Deci & Ryan, 2009): - autonomous orientation - controlled orientation - impersonal (amotivation) orientation

9.    Autonomous motivational orientation (motivasi mandiri) - motivasinya berasal dari diri sendiri - motivasi yang digerakkan oleh keyakinan bahwa apa yang dilakukan betul-betul berharga dan penting.

10.  Diantara autonomous motivational orientation adalah identified motivation. Orang yang memiliki identified motivation ini memiliki motivasi kuat dari dalam diri sendiri, tetapi belum memutuskan tindakan.

11.  Controlled motivational orientation - motivasi muncul dari perasaan bahwa dirinya memiliki kompetensi berharga untuk sukses - dorongan karena keinginan untuk memperoleh pengakuan/ penilaian orang lain, demi memperoleh imbalan dari luar - cenderung menghindari celaan/hukuman

12.  Impersonal motivational orientation - mengambang - tidak ada motivasi untuk sukses - tidak memiliki motivasi untuk menghindari kegagalan - tidak bergairah ketika diiming-imingi - tidak takut saat dihadapkan kemungkinan masa depan suram

13.  Manakah diantara ketiga motivasi itu yang paling baik? Apakah yang autonomous? Yakni motivasi yang berasal dari dirinya sendiri, bukan dari luar dirinya?

14.  Dalam Al-Quran model motivasi dibagi menjadi dua. Hal ini tercantum dalam Surat Al-Isra ayat 18-22, khususnya pada ayat 18 & 19.

15.  Motivasi dunia: "Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), maka Kami segerakan baginya di (dunia) ini apa yang Kami kehendaki bagi orang yang Kami kehendaki kemudian Kami sediakan baginya neraka Jahannam: ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir.

16.  Motivasi akhirat: "Dan barangsiapa menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedangkan dia beriman, maka mereka itulah orang yang usahanya dibalas dengan baik."

17.  Jadi keinginan saja tidak cukup. Dari motivasi akhirat (Al-Isra: 19), penekanannya adalah pada kehendak/ keinginan, usaha, sungguh-sungguh, dan beriman.

18.  Sehingga motivasi paling baik adalah yang alasannya karena Allah, untuk mendapatkan ridha dari Allah. Ketika Allah sudah ridha, maka apapun bisa diberikan, termasuk surga di akhirat kelak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar