Senin, 13 Agustus 2018

Lesehan JAN spesial motivasi #2 dengan bahasa “Memotivasi Remaja Sesuai Kondisi”



Lesehan JAN spesial motivasi #2 dengan bahasa “Memotivasi Remaja Sesuai Kondisi”

1. Ada pesan khusus ketika khatib Jum`at menyampaikan pesan taqwa. Ada yang menyebutkan bahwa para khatib adalah para motivator yang tiap pekan mengobarkan motivasi untuk bertaqwa. Maka seharusnya tidak perlu diadakan training motivasi bagi yang sudah mengkuti Jum`atan :)

2. Kemarin kita sudah mempelajari ada tiga macam orientasi, yaitu autonomous orientation, controlled orientation, dan impersonal orientation.

3. Kemudian, kita hubungkan dengan empat identitas remaja yang dulu juga sudah pernah dibahas: paripurna/utama, sembuh, sakit, dan mengambang.

4. Maka masing-masing identitas tersebut memiliki perbedaan dalam kondisi motivasi, cara mensukung, dan kondisi potensial. (lLihat gambar) pic.twitter.com/UCyKtnZXQz

5. Seorang motivator harus mengenali orang yang akan dimotivasi, sehingga bisa memberikan nasehat atau tindakan yang tepat sesuai yang diperlukan.

6. Seorang yang identitasnya mengambang, itu perlu diajak ngobrol. Hanya mengobrol, karena bisa jadi dia tidak pernah diajak ngobrol sebagai manusia. Sehingga dia tidak punya motivasi. Tujuan obrolan itu untuk menggali keinginannya sehingga dia mulai mengenal arahnya.

7. Setelah dia menyadari arahnya, minimal dia menjadi yang sakit. Dia sadar perlu untuk memperbaiki diri. Dia perlu bimbingan dari seseorang yang bisa mengarahkan dan bisa pro-aktif memotivasi, juga perlu lingkungan yang mendukung baik dukungan sosial maupun emosional.

8. Dukungan emosional yang terbaik adalah dari hati. Maka bagi orang yang identitasnya sakit ingatlah lagu "Tombo Ati", dan kemudian melakukan kelima poin dalam lagu itu.

9. Kelima obat hati itu adalah: - baca quran dan maknanya - dirikan sholat malam - berkumpul dengan orang sholeh (dukungan sosial) - perbanyak puasa - banyak dzikir di waktu malam.

Ingin lebih mendalami tentang motivasi? Pengen bisa menjadi motivator yang memotivasi orang lain? Selain datang rutin di lesehan JAN, Ikuti Workshop On Motivation, InsyaAllah dibersamai oleh @emfatan , @denizdinamiz , dan @fuz_fm Jangan sampai tertinggal dan kehabisan kuota. :) pic.twitter.com/OkgPPj6WkX








Tidak ada komentar:

Posting Komentar