Selasa, 25 September 2018

Mimpi Masuk Surga Bersama Buku

Oleh: M. Faqih A. 

Teman- teman pernah mendengarkan atau membaca kisah seseorang yang bermimpi masuk surga bersama buku? Ia adalah seseorang yang rela menjual rumahnya seharga 60 dinar untuk membeli buku. Siapakah dia? Simak kisah di bawah ya!

Suatu hari di Baghdad, diselenggarakan bazar buku-buku Ibnu Al-Jawaliqi. Lalu Abul 'Alaa` Al-Hamadzani pun menghadirinya. Orang-orang pun menjual sebagian buku-buku tersebut seharga 60 dinar. Lalu ia membeli sebagian buku tersebut dengan tempo satu minggu, terhitung dari hari Kamis sampai hari Kamis berikutnya.

Kemudian ia pulang ke rumahnya, lalu menawarkan rumahnya untuk dijual seharga 60 dinar. Kemudian uang itu pun langsung dipegangnya. Setelah itu ia kembali ke Baghdad pada hari Kamis, beliau pun melunasi hutangnya, dan setelah itu tidak ada yang mengetahui keadaannya.

Ia juga bermimpi berada di sebuah kota yang semua dindingnya adalah buku. Di sekitarnya terdapat buku yang tidak dapat terhitung jumlahnya. Dia pun asyik dan sibuk membacanya.

Kemudian ia ditanya, “Buku-buku apa ini?” Dia menjawab, “Aku telah memohon kepada Allah untuk menyibukkanku di surga dengan buku sebagaimana di dunia. Allah pun mengabulkannya.”
Sungguh beruntung Abul 'Alaa`Al-Hamadzani. Karena cintanya kepada ilmu, membaca, dan buku, ia dimasukkan surga.

Sumber: Buletin Nih #25

Tidak ada komentar:

Posting Komentar