Sabtu, 03 November 2018

Saspel: Remaja Utama




Berdirilah sejenak di atas bangunan yang tinggi, atau di puncak-puncak gunung, lalu lepaskan pandangan sejauh-jauhnya. Apa yang akan terjadi? Kita akan melihat jalan. Kita melihat begitu banyak cara untuk mencapai tujuan, menemukan berbagai alternatif dan mendapatkan apa yang orang lain tidak meraihnya. Kita dapat merencanakan perjalanan dengan lebih baik.

Serupa itu jika ingin membangun remaja. Mari kita mulai tentang remaja seperti apa yang ingin kita bangun. Kita memandang jauh ke depan tentang apa yang semestinya meraka raih. Bukan terjebak oleh isu-isu dan persoalan  runyam seputar remaja. Jika kita menyiapkan mereka, melatih fisik dan mental mereka untuk pemenang, masalah yang mereka jumpai akan mereka hadapi secara produktif.

Lalu, remaja seperti apa yang kita butuhkan di masa depan? Remaja utama, itulah jawabnya.  Sebelum melangkah jauh, istilah remaja utama perlu kita pahami definisi dan karakteristiknya. Salah memahami berarti salah menentukan arah tujuan.

Secara umum remaja diartikan sebagai masa atau peralihan dari anak-anak ke dewasa. Secara peran, masa transisi ini juga merupakan masa berubahnya peran seseorang. Yaitu sebagai anak-anak yang memiliki ketergantungan kepada orang tua atau orang lain menjadi orang dewasa yang mandiri. Lama singkatnya fase perubahan ini, tergantung peradaban yang ada di tengah masyarakat.

Dalam ilmu Psikologi, ada beberapa istilah remaja. Pertama, adolescence. Adalah masa perkembangan manusia yang terjadi sejak pubertas sampai dengan dewasa. Kedua, teenager. Adalah seseorang yang berusia antara 13 sampai 19 tahun. Ketiga, youth. Adalah kondisi di mana seseorang masih muda, belum dewasa, dan belum berpengalaman. Maka, remaja yang dimaksud adalah pengertian yang mengarah kepada istilah adolescence. Bukan orang yang sekadar memiliki usia belasan atau memiliki sifat belum dewasa atau belum berpengalaman. Tetapi, fokus pada masa tumbuhnya manusia dari kondisi anak-anak menjadi dewasa.

Bicara tentang remaja, ada istilah yang sering disandingkan dengan kata remaja, yaitu masa keguncangan atau fase krisis. Benarkah demikian? Pernyataan ini tidak muncul begitu saja, ada tokoh yang mempelopori dan menyebarluaskan  pandangan bahwa remaja adalah masa krisis. Dialah seorang Psikolog asal Amerika yang bernama Stanlay Hall. Namun tulisan singkat ini tidak akan membahas tentang itu, bisa dibaca di kolom sinau tentang “Profil Remaja Utama” di lembar berikutnya.

Setelah kita tahu tentang remaja, kita akan akan kenalan dengan istilah remaja utama. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia “utama” memiliki dua pengertian. Pertama terbaik; nomor satu; amat baik; lebih baik dari yang lain. Kedua, terpenting; pokok. Sedangkan padanan kata “utama” dalam bahasa Inggris adalah “prime”. Di antara pengertian “prime” menurut Collins English Dictionary adalah kualitas terbaik atau nomor satu; kondisi paling kuat, aktif, dan sukses. Dengan demikian, remaja yang kita harapkan adalah remaja utama. Remaja dengan kualitas terbaik. Remaja dalam kondisi paling kuat, aktif, dan sukses.

Lalu apa yang menentukan seseorang disebut sukses dalam menjalankan masa remajanya? Tugas apa yang harus mereka selesaikan? Kita dengar jawaban John Head, dia seorang ahli pendidikan dari University of London. Remaja memiliki tiga tugas utama untuk menjadi dewasa dan sukses menjalaninya. Yaitu, memiliki pekerjaan atau karir yang sesuai, memiliki pasangan hidup, dan memiliki pola keyakinan dan nilai  yang penting dalam hidupnya. Tiga isu ini berkaitan dengan pembentukan identitas pada remaja.

Yang perlu dipahami, remaja utama bukanlah akhir perjuangan. Ketika  telah mencapai kualitas remaja utama pun, mereka harus menghadapi tantangan dan krisis yang muncul. Mereka harus memperjuangkan dan meningkatkan kualitas terbaik pada diri mereka. Remaja utama harus terus tumbuh dan berkembang agar menjadi pribadi dewasa yang juga utama.

Para remaja kita, perlu menyadari akan pentingnya fase remaja mereka dan mempersiapkannya agar utama. Begitu pun tugas kita, memandang jauh kedepan, menyiapkan remaja kita untuk utama. Remaja utama. <>

Diolah dari Master Plan Remaja Utama bagian Profil Remaja Utama dengan penambahan seperlunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar