Kamis, 28 Maret 2019

Madrasah Pra Nikah: Niat, Awal Dari Keberkahan




Materi Madrasah Pra Nikah bersama Ustadz Mohammad Fauzil Adhim


Komunikasi dalam rumah tangga itu penting tapi ada yang lebih penting, yaitu niat.

Niat :
Apa alasan menikah?
Apa yg melandasi memilih seseorang?

Menikah itu hanya dua, mencari pahala dan mencari ampunan Allah (Orientasi pernikahan ini lahir dari niat yang benar, niat yg jujur)

Dalam menikah, ada harapan (marriage expectation): sesuatu yang ingin didapatkan bukan diwujudkan


Niat itu akan menentukan semua cara yang ditempuh dalam proses pernikahan.

Kadar keagamaanlah yang paling penting bahkan utama untuk menjadi pertimbangan  dalam memilih seseorang. Karena agama yang akan menjadi dasar dalam mengurus rumah tangga.

Orang uang yang niatnya kokoh, ketika ada badai akan mudah melewati, karena kembali kepada agama untuk mencari caranya. Kadar keagamaan seseorang diukur dengan komitmen, bukan dengan luasnya pengetahuan agama.

Orang yang komitmennya tinggi, akan senantiasa bertanya tentang pemecahan masalah dengan ukuran agama. Komitmen akan mempengaruhi cara kita menilai sesuatu.

Tanda rumah tangga yang barakah bukan yang sering pergi kemana mana, namun kualitas kondisi rumah tangga tersebut makin taat kepada Allah. Jika mengambil jalan petunjuk agama, maka tidak hanya manfaat yang didapat tapi juga mendapat barokah.

Dengan kembali kepada niat, bukan berarti permasalahan langsung selesai, maka perlu kita menengok langkah langkah yang disyariatkan Agama. Termasuk dalam urusan agama. Menikah itu memperjuangkan apa yg menjadi niat kita, bukan menumpuk harapan untuk mendapatkan sesuatu dalam pernikahan.

Sabar itu kita ridho terhadap apa yang terjadi pada kita. Kita mengingatkan anak untuk melakukan kebaikan atau memuliakan orangtua karena kita tidak  ingin anak anak mendapat adzab Allah, bukan karena kita mengingikan kemuliaan itu.

#MenikahMeraihBarokah #Lurusnyaniat




Tidak ada komentar:

Posting Komentar