Selasa, 26 Maret 2019

RESENSI BUKU “MISTERI SHOLAT SHUBUH”




Oleh: Azizah Nur Az-Zahra

Penulis             : Dr. Raghib As-Sirjani
Penerbit          : AQWAM Jembatan Ilmu
Halaman         : 152 halaman
Tahun              : 2004
ISBN               : 979-3653-08-6

“Pernah, salah seorang Yahudi, menyatakan bahwa mereka tidak takut dengan orang Islam kecuali pada satu hal. Ialah bila jumlah jamaah shalat Subuh menyamai jumlah jamaah shalat Jum’at.’’
Pelajaran apa yang dapat kita petik dari pernyataan di atas? 
                                                                                                  
Ternyata, orang Yahudi lebih jeli terhadap kondisinya kita, daripada diri kita sendiri.
Betapa, selama ini kebanyakan kaum Muslimin terlena dalam malam yang panjang, sehingga hanya menyisakan segelintir orang yang membentuk sederet-dua deret shaf pada shalat Subuh. Mereka tak menyadari, alih-alih justu Yahudi yang menyadari.

Dampak sosial yang timbul dari pelaksanaan shalat Subuh pun tak bisa dipandang sebelah mata. Pelaksanaanya yang tepat sesuai waktu akan mendorong peningkatan aktivitas sehari penuh seorang Muslim. Ini bukan tanpa bukti. Penulis menganalogikannya dengan kehidupan masyarakat Eropa dan Amerika yang rajin bangun pagi meski hanya sekadar mengajak jalan-jalan anjingnya.

Buku ini mencoba menganalisis bahwa keterpurukan umat Islam dewasa ini, tak lepas dari akibat diremehkanya shalat Subuh. Bagaimana alur logikanya? Dr. Raghib As-Sirjani mengulasnya tuntas dalam buku ini. Keluasan wawasan sang penulis, menyadarkan kepada kita ihwal keistimewaan shalat Subuh yang selama ini kurang banyak dimengerti oleh umat Islam. Tak lupa, beliau tuliskan tips menjaga shalat Subuh dan tips-tips praktis agar mudah melaksanakan shalat Subuh.


Sumber: Dikutip dan diubah seperlunya dari buku “MISTERI SHOLAT SHUBUH”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar