Jumat, 05 April 2019

MERENUNGLAH


Oleh: Muhammad Faqih 

Renungkanlah! Apa yang dianugerahkan Allah kepada hambaNya dengan adanya air. Ia menjadi sumber kehidupan bagi seluruh binatang dan tumbuhan di bumi. Seandainya manusia tidak mendapatkan air, mereka kesulitan dalam melakukan aktivitas di bumi.

Mari berfikir tentang air! Air sangatlah dibutuhkan makhlukNya, sehingga Allah mudahkah hambaNya untuk mendapatkan air. Ya. Lewat hujan. Sekiranya air diciptakan hanya sedikit, maka seluruh makhluk hidup akan mengalami kesulitan besar.

Air itu sifatnya turun ke bawah. Maka ketika air turun dan diserap tanah, air menjadi makanan bagi akar-akar pohon. Karena kekuasaanNya pula, air dapat naik ke pucuk pohon dan tanaman dengan perantara sinar matahari. Padahal, air itu mengalir ke bawah. Bukankah begitu?

Allah juga menjadikan air mampu menghilangkan noda, baik dari tubuh maupun kotoran pakaian, dan lain sebagainya. Air bisa membuat segala sesuatu yang tidak digunakan yakni kering, menjadi basah. Dengan air pula segala minuman tercipta dan layak dikonsumsi.

Maasya Allah, betapa nikmatnya air ini mudah didapat. Meski ada banyak orang yang lalai dengan air, padahal setiap hari membutuhkannya. Mereka bersikap boros menggunakan air. Semoga kita bukan termasuk golongan orang-orang yang boros ya.

Allah yang menciptakan air. Untuk manusia, binatang, tumbuhan, dan lain sebagainya. Dialah Allah, Sang Pencipta bumi dan segala isinya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar