Senin, 23 September 2019

(Resume) The Two that Accompany #2




Oleh: Tim JAN
Dan berkatalah ibu Musa kepada saudara Musa yang perempuan: "Ikutilah dia!" Maka kelihatanlah olehnya Musa dari jauh, sedang mereka tidak mengetahuinya. (QS. Al-Qasas: 11)

Kakak Musa yang amanah ini, telah berperan penting pada hidup Musa kecil. Pertama, kakak Musa mengawasi dan menjaga adiknya di saat ibunda Musa menghanyutkan Musa di aliran sungai. Kedua, saran kepada penghuni istana di saat mereka kebingungan sesiapa yang bisa menyusukan Musa, sangat briliant. Ulama pun amat memuji kecerdasan wanita ini.

Dan Kami cegah Musa dari menyusu kepada perempuan-perempuan yang mau menyusui(nya) sebelum itu; maka berkatalah saudara Musa: "Maukah kamu aku tunjukkan kepadamu ahlul bait yang akan memeliharanya untukmu dan mereka dapat berlaku baik kepadanya?" (QS. Al-Qasas:12)

Kakak Musa berbicara dengan kata-kata yang tepat, waktu dan suasana yang tepat, serta berperilaku yang tepat. Cerdas bukan?

Inilah wanita pertama yang menemani Musa di saat 'krisis' atau waktu gawat dan genting Musa. Cerdas memecahkan masalah, amanah, dan pemberani. Dialah wanita; keturunan atau nasabnya sampai Nabi Ibrahim, punya 2 adik utama yaitu Harun dan Musa, suaminya adalah salah satu murid terbaik Musa, dan terakhir Ibundanya. Seorang wanita yang Allah kokohkan hatinya dan merupakan keturunan dari bapaknya para Nabi: Ibrahim alahissalam.

Bagaimana dengan wanita kedua yang menemani Musa?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar