Senin, 23 September 2019

(Resume) The Two that Accompany #4


Oleh: Tim JAN

Putri Syu'aib pun "melaporkan" ke bapaknya perihal apa yang terjadi. Bahwa ada seorang laki-laki kuat yang telah membantu memberikan minum hewan ternaknya.

Kemudian datanglah kepada Musa salah seorang dari kedua perempuan itu berjalan dengan malu-malu, dia berkata, “Sesungguhnya ayahku mengundangmu untuk memberi balasan sebagai imbalan atas (kebaikan)mu memberi minum (ternak) kami.” (QS. Al-Qashas: 25)

Sungguh, ulama memuji apa yang dilakukan oleh Putri Syu'aib ini. Dengan sangat hati-hati ia menjaga diri. Dengan sangat cerdas, ia merekomendasikan kepada bapaknya bahwa Musa adalah lelaki yang bisa bekerja untuknya. Kuat, amanah, dan menjaga diri. Dirinya saja dijaga, apalagi hewan ternaknya.

Musa menerima tawaran dari Putri Syu'aib. Keduanya pun berjalan menuju rumah Putri Syu'aib dengan tidak melakukan perbuatan yang dilarangNya. Awalnya, Musa yang di belakang melihat Putri Syu'aib yang tersingkap auratnya. Musa pun kemudian di depan dengan meminta Putri Syu'aib untuk melemparkan kerikil jika akan berbelok ke kanan atau ke kiri.

Sungguh menakjubkan kisah keduanya. Keduanya menjaga diri dari hal-hal yang tidak terpuji.

Apa balasan yang diterima oleh Musa dari bapaknya Putri Syu'aib?

Pertama, mendapatkan pekerjaan. Kedua mendapat perlindungan yang aman. Dan yang ketiga adalah tawaran menikah dengan salah satu putrinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar