Senin, 09 September 2019

WANITA, PENDIDIK GENERASI UTAMA


Oleh: Atik Setyoasih 

Tak ada masa krisis dalam hidupnya. Dialah mahligai kota Basrah dan putra asuhan rumah tangga Nabi. Perutnya yang kecil, selalu dikenyangkan air susu seorang wanita mulia. Kulitnya yang halus, senantiasa pula bersentuhan dengan kasih sayang seorang wanita utama. Ummu Salamah, ibunda susuannya. Anak yang diasuhnya, Hasan Al-Bashri.

Ibunda kandung Hasan, seorang sahaya bernama Khaira milik Ummul Mukminin, Ummu Salamah. Di rumah Ummul Mukminin inilah, Hasan kecil dibesarkan dalam rumah tangga Nabawi yang sarat dengan nilai-nilai ketakwaan dan akhlak terpuji. Ia diasuhnya penuh kelembutan dan kasih sayang. Di tambah, ibu kandungnya senantiasa pula mencurahkan segenap perhatiannya bagi si Hasan.

Sering kali Ummu Salamah mengutus ibunda Hasan untuk suatu keperluan. Maka Hasan kecil pun terkadang merengek-rengek mencari ibunya. Ketika itulah Ummu Salamah menggendongnya lalu menyusuinya hingga Hasan kembali tenang. Tak jarang pula, Ummu Salamah mempertemukan Hasan dengan Sahabat-sabahat Nabi yang masih hidup. Apa yang sahabat-sahabat itu lakukan ketika bertemu dengan Hasan? Mendoakannya.

Ya Allah, pahamkanlah ia tentang urusan dien, dan jadikanlah orang-orang mencintainya,” Umar bin Khattab, mendoakannya.

Berbekal air susu yang penuh berkah dan doa Umar bin Khattab tadilah Hasan kecil tumbuh menjadi seorang alim besar sepanjang zaman. Guru pertamanya adalah Ummu Salamah. Wanita cerdas istri Rasulullah. Wanita yang luas ilmunya. Ditambah, orang-orang di sekitar, termasuk Umar bin Khattab yang mendoakan Hasan agar menjadi orang yang paham tentang urusan agama.

Maka, pantaslah Hasan Al-Bashri tidak mengalami kebingungan seperti fenomena-fenomena remaja saat ini. Yang beranggapan remaja harus mengalami keresahan. Remaja harus krisis. Remaja, wajar kalau nakal dan bersikap tidak peduli dengan masa depannya.

Hasan Al-Bashri, tumbuh menjadi pemuda yang kokoh dan berilmu, karena sikap keluarga yang memperhatikan pendidikannya. Ia lahir dan tumbuh di bawah asuhan seorang wanita utama serta tinggal di lingkungan yang menjunjung kemuliaan dan kehormatan.

Semoga, kita bisa mendidik bersama generasi agar menjadi utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar