Sabtu, 16 November 2019

MATERI LESEHAN JUM’AT JAN: THE PROPHET DELIGHTERS #1



Oleh: TIM JAN

Perintah Menggembirakan Rasulullah Dalam Al-Qur’an

Katakanlah (Muhammad), “Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku. Nicaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.”  Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS. Ali-Imran: 31)

Ayat ini merupakan potongan di mana dengannya kita dapat membedakan orang yangmencintai Allah dengan sebenar-benarnya dengan orang yang hanya sekadar mengaku-ngaku semata. Tanda-tanda kecintaan kepada Allah adalah mengikuti Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Allah menjadikan tindakan Rasulullah dan mengikuti segala seruan beliau sebagai jalan  kepada kecintaan kepada-Nya dan keridhaan-Nya. Oleh karena itu, tidaklah akan diperoleh kecintaan Allah dan keridhaan-Nya serta pahala-Nya kecuali dengan membenarkan apa yang dibawa oleh Muhammad berupa Al-Qur’an dan As-Sunnah, dan menaati perintah keduanya dan menjauhi larangan keduanya. Demikian penjelasan Syeikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di dalam kitab Tafsirnya.

Lalu, apakah sebenarnya hakikat mengikuti Rasulullah dan bagaimana tata caranya? As-Sa’di memberikan penjelasan menarik, Allah menjawabnya dengan Firman-Nya, “Katakanlah, ‘Taatilah Allah dan Rasul-Nya’,” yaitu dengan menaati perintah dan menjauhi larangan serta mempercayai kabar berita.

Siapa sebaik-baik contoh dalam menggembirakan Rasulullah? Tentu saja, merekalah para shahabat beliau. Lebih khusus lagi, para pemuda di kalangan shahabat beliau. Mereka inilah yang sejak mudanya senantiasa berusaha menggapai ridha Rasulullah. Karena mereka paham benar bahwa mewujudkan ridha Nabi menjadi jalan meraih ridha Allah. Allah sering menyandingkan ridha-Nya dengan ridha Rasulullah di dalam kitab suci-Nya.


Referensi:

1.       Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di, Tafsir Al-Quran, 2015, Jakarta: Bandung.
2.       Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Shahih Tafsir Ibnu Katsir, 2008, Bogor; Pustaka Ibnu Katsir.
3.       Khalid Asy-Syantut, Mendidik Anak Laki-Laki, 2017, Solo; PT Aqwam Media Profetika.
4.       Muhammad Abdullah Ad-Duwaisy, Gaya Hidup Pemuda Perindu Surga, 2019, Solo; Zam-Zam.
                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar