Senin, 25 November 2019

RESUME THE SWIFT INISIATORS #1



Siapakah para pemuda bergelar The Swift Inisiators? Tema ini menjadi pembahasan di Lesehan Jumat JAN “On Pursuing The Prime Youths” ke 7. Merekalah para pemuda utama, yang tidak mengalami krisis dalam masa mudanya.

Dari arti tiap katanya, “Swift” artinya adalah bergerak atau  mampu bergerak dengan sangat cepat. Sedangkan “Inisiators” adalah menjadi penyebab mulainya sesuatu. Maka, inilah para pemuda yang cepat dalam memulai sesuatu. Tentu, yang kita maksud bukanlah memulai hal-hal yang dilarang oleh agama.

Sebelum membicarakan siapa saja mereka, kita perlu bahas lagi tentang siapa itu yang dimaksud sahabat Rasul?

Menurut Syaikh Al-Utsaimin, sahabat adalah orang yang pernah berkumpul dengan Rasul dan meninggal dalam Muslim pula. Bagaimana kalau meninggal dalam kondisi tidak Islam/ murtad? Dia bukanlah sahabat. Sebaliknya, awalnya bukanlah Muslim, kemudian menjadi Muslim, meninggal dalam kondisi Muslim, dia termasuk sahabat. Contohnya An-Najasy.

Di dalam surat At-Taubah: 100, kita bisa mengetahui pula siapakah para sahabat? Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.

Mereka terpuji bersebab pujian langsung yang diabadikan di dalam Al-Qur`an. Merekalah para pemuda utama bersebab hidup bersama manusia terbaik sepanjang masa. Terutama sahabat dari golongan muhajirin dan anshar. Maka, kita ingin jadi bagian dari di antara mereka…

Lalu, bagaimana jika ada orang yang mencela sahabat? Bahkan sahabat yang pernah khilaf mencela sahabat yang lain? Pernah, terjadi perseteruan antara Khalid bin Walid dan Abdurrahman bin ‘Auf sehingga membuat Khalid mencela Abdurrahman bin ‘Auf. Maka Rasulullah menegur Khalid.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar