Senin, 25 November 2019

RESUME THE SWIFT INISIATORS #3



Inilah Zaid bin Tsabit, sahabat yang termasuk memiliki inisiatif cepat dalam melakukan kebaikan. “Ono sing apik, neng ngarepe, ayo ndang dilakoni”. Ada sesuatu yang baik, di hadapannya, cepat dilakukan dengan cara terbaik.

Seperti pula yang dilakukan oleh Ibnu Abbas ketika Rasulullah bermalam di rumahnya. Mengetahui Rasulullah di malam hari senantiasa menegakkan shalat, Ibnu Abbas berinisiatif menyiapkan air untuk wudhu beliau. Yang dilakukan Ibnu Abbas “care”. Melakukan sesuatu tanpa diminta. Berbeda dengan “service”, diminta dulu, baru bertindak.

Siapa sesungguhnya “The Swift Inisiators”? Pertama, “The Climbers”. Mereka senantiasa tidak puas dengan prestasi kebaikan yang telah dicapai. Kedua, mereka akan bertanya untuk meningkatkan kinerjanya. Dan ketiga, mereka selalu segera melakukan kebaikan atau menunaikan tugas.

Bagaimana untuk menjadi “The Swift Inisiators?”

Pertama, ketahuilah kebenaran. Ilmuilah kebenaran. Tanpa ilmu, kita tidak akan tahu mana yang baik dan buruk. Kedua, lakukan kebaikan atau kebenaran itu. Ketiga, berdoalah meminta kebaikan hingga akhir hayat. Keempat, mintalah saran dari orang-orang yang ahli. Lakukan musyawarah tentang kebenaran tersebut. Dan terakhir, lakukanlah shalat Istikharah.

Ada sahabat-sahabat muda selain Zaid bin Tsabit dan Ibnu Abbas yang bisa disebut “The Swift Inisiators”. Ada Amr bin Ash sang penakluk beberapa tempat peperangan. Al-Arqam bin Abi Arqam, Abdullah bin Mas`ud, Sa`ad bin Abdullah, Ali bin Abi Thalib, dan lainnya. Apa inisiatif cepat yang mereka lakukan? Bisa dicek di buku-buku kisah sahabat. Bagaimana dengan sahabat wanita Rasulullah? Ada Aisyah binti Abu Bakar, Fatimah binti Rasulullah, Ummu Chabibah, dan yang lainnya.

Mari berinisiatif mencari tentang mereka dan meneladaninya …



Tidak ada komentar:

Posting Komentar