Jumat, 08 November 2019

Resume The World Avoiders #2


Kita juga paham, lebih cinta dunia dibanding akhirat adalah sumber kekalahan pasukan Perang Uhud. Ketika Rasulullah Shalallahu 'Alaihi wa Sallam memerintahkan pasukan pemanah di bukit Uhud tidak turun dan tetap berjaga, mereka lebih tergiur dengan harta rampasan yang ingin mereka dapatkan. Mereka turun dari bukit Uhud, pertahanan kaum Muslimin menjadi lemah, musuh pun kembali datang dan menyerang kembali sehingga Muslimin kalah.

Maka, kekalahan kaum Muslimin bersebab urusan dunia ini tidak ingin Khalifah Umar terulang lagi. Ia kirim pasukan yang dipimpin Abu Ubaidah bin Jarrah satu di antara pesan utamanya adalah, “Jangan sampai engkau membawa pasukanmu terlena pada dunia dan cinta pada harta rampasan. Kalau itu kamu lakukan, maka pasukanmu hancur.”

Dunia. Bukankah ia ibarat bangkai kambing? Bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alahi wa Sallam berjalan melewati pasar sedang manusia berada di sisi beliau. Beliau berjalan melewati anak kambing jantan yang kedua telinganya kecil dan telah mati. Sambil memegang telinganya beliau bersabda:

“Siapa di antara kalian yang suka membeli ini seharga satu dirham?” Orang-orang berkata: “Kami sama sekali tidak tertarik kepadanya. Apa yang bisa kami perbuat dengannya?” Maka beliau bersabda: “Apakah kalian suka jika ini menjadi milik kalian?” Orang-orang berkata: “Demi Allah, kalau anak kambing jantan ini hidup, pasti ia cacat, kerena kedua telinganya kecil, apalagi ia telah mati?” Maka beliau bersabda: “Demi Allah, sungguh dunia itu lebih hina bagi Allah daripada bangkai anak kambing ini bagi kalian.” (HR Muslim)

Kalau di kepala kita masih terpikir uang, uang, dan uang, hingga meninggalkan urusan Allah Ta`ala, berarti belum zuhud.

Zuhud adalah tidak berambisi pada dunia, terpaksa dapat, semua dalam rangka mendapatkan kemenangan utama (akhirat). Dan pembebas Baitul Maqdis dan Masjidil Aqsha erat hubungannya dengan Zuhud.

Siapkah kamu jadi anggota pasukan pembebas Baitul Maqdis dan Masjidil Aqsha?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar