Kamis, 16 Januari 2020

Resume The True Affirmators #1



Kapan dikatakan usia muda? Menurut Al-Duwaisy, dituliskan para sahabat di usia baligh sampai 25 tahun. Sedangkan menurut Al-Qahthani, mulai dari baligh sampai usia 40 tahun.

Berapa usia Abu Bakar masuk Islam? Selisih usia Abu Bakar dengan Rasul sekitar 2 tahun 3 bulan karena itulah masa kepemimpinannya setelah Rasulullah tiada. Ya. Usia Abu Bakar masuk Islam masih dalam usia muda. Usia 38 tahun.

Di dalam sejarah, menariknya, hanya beliau yang disebut-sebut namanya dengan nama kunyah. Bukan nama asli. Abdullah bin Utsman nama aslinya. Ada yang baru saja mendengar nama ini?

Abu Bakar memiliki beberapa sifat utama selain gelar utama yang disematkan dalam namanya. Wara', zuhud, menjaga diri (iffah), dan tawadhu'.

Abu Bakar adalah orang yang termasuk pertama masuk Islam. Apa yang dilakukan Abu Bakar setelah masuk Islam? Ia infakkan seluruh harta yang dimilikinya sebesar 40.000 dirham di jalan Allah. Abu Bakar juga sahabat utama yang paling banyak membebaskan budak seperti Bilal bin Rabbah. Selain itu, Abu Bakar mengajak sahabat utama ke Islam; Utsman bin Affan, Abdurahman bin Auf, Sa'ad bin Abi Waqqash, Zubair bin Awwam, dan Thalhah bin Ubaidillah.

Tentang The True Affirmators yang menjadi tema pembahasan awal "The Youths of Jannah" Lesehan Jum'at JAN di tahun 2020 ini, ada peristiwa istimewa yang membuat Abu Bakar digelari Ash-Shidiq untuk pertama kalinya. Karena sejatinya, Abu Bakar setelah itu memang senantiasa Ash-Shidiq. Membenarkan apapun yang datang dari Rasulullah.

Saat datang kabar peristiwa Isra' Mi'raj ke penduduk Mekah, kabar perjalanan Rasulullah dari Masjidil Haram ke Baitul Maqdis kemudian naik ke langit ke tujuh, menerima perintah sholat dan kembali lagi ke Masjid Al Haram hanya satu malam, sebagian tidak percaya. Bahkan tidak sedikit yang murtad.

"Bagaimana pendapatmu wahai Abu Bakar tentang yang dikatakan Muhammmad?" Tanya seorang dari mereka.

"Kalau dia mengatakan seperti, saya percaya." Jawab Abu Bakar.

Abu Bakar adalah sahabat yang paling alim di antara sahabat yang lain. Hal ini kita lihat saat khutbah Rasulullah, "Wahai sekalian manusia sesungguhnya ada seorang hamba yang disuruh untuk memilih antara kekal di dunia atau memilih apa-apa yang ada di sisi Allah, maka dia memilih apa-apa yang ada di sisi Allah."

Abu Bakar seketika nangis. Hanya Abu Bakar yang memiiki pemahaman mendalam maksud yang dikatakan Rasulullah.

Saking utamanya Abu Banyak di hati Rasulullah, sampai sampai, beliau Rasulullah berkata, "Seandainya aku dibolehkan mengambil kekasih selain Allah, pastilah aku memilih Abu Bakar, namun cukuplah persaudaraan Islam dan kecintaan karenanya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar